Skip to main content

URGENSI PERSAUDARAAN ISLAM

oleh: Kholil Misbach, Lc

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian, hidup manusia selalu membutuhkan orang lain. Kalau sesama manusia kita saling membutuhkan apalagi sesama saudara seiman dan seagama yang punya visi dan misi di dunia ini.


Persaudaraan dalam Islam sangat penting
Pertama karena persaudaraan Islam akan membentuk masyarakat muslim yang solid.

Untuk itulah Allah menyatakan bahwa orang0orang mukmin adalah saudara.
" Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah saudara maka damaikanlah di antara kedua saudara kalian, bertakwalah supaya kalian dirahmati.
Kedua: dengan persaudaraan umat Islam akan kuat.
Pahlawan Nasional Jendral Sudirman pernah mengatakan: Tidak ada kemenengan tanpa kekuatan, tidak ada kekuatan tanpa persatuan, dan tidak ada persatuan tanpa ada silaturrahmi.

Memang, era industri dan modern ini membuat orang sibuk dengan urusannya masing2 sehingga ikatan masyarakat semakin lemah, orang banyak tak kenal dengan tetangganya, semua berlandaskan kepentingan dan keuntungan. Untuk itulah persaudaraan harus selalu dipupuk hingga menjadikan masyarakat suka silaturrahmi. Kalau silaturrahmi sudah sirna maka susah akan ada persatuan, kalau persatuan menipis darimana datang kekuatan kalau tidak ada kekuatan kesuksesan dan kemenangan apa yang akan bisa diraih.

Seburuk-buruk manusia adalah orang yang membalas jasa orang lain dengan kejahatan, membalas keburukan dengan keburukan bukanlah tanda keutamaan . membalas keburukan dengan kebaikan itulah cita2 tinggi kemanusiaan. memang sebuah kesengsaraan mempunyai orang-orang dekat yang jahat akan tetapi sungguh lebih sengsara apabila kita kehilangan orang-orang yang terbaik bagi kita.

Ketiga; persaudaraan Islam akan mempermudah sikap saling tolong menolong antar sesame.

Imam Syafii mengatakan seribu kawan adalah sedikit karena seribu kawan itu sedikit dan satu musuh adalah banyak. Seribu kawan itu sedikit karena dalam kesusahan belum tentu ada satupun yang membantu. Adapaun satu musuh itu banyak karena satu musuh ini akan mencari kawan untuk memusuhi anda.

Saudara seiman yang baik akan selalu berampati dengan orang lain, orang lain di sekitarnya ia anggap seperti dirinya juga yang suka dibahagiakan dan tidak ingin disakiti, perasaan empati inilah yang akan membawa seseorang menolong orang lain.

Wallahu A'lam

BACA HIJRAH DAN PERSAUDARAAN ISLAM click here

Comments

Popular posts from this blog

APAKAH TELUR NAJIS

Apakah Telur Najis oleh: Kholil Misbach, Lc Ada pertanyaan dari kawan tentang kenajisan telur hal itu dari artikel yang ia baca dalam sebuah postingan blog, dalam postingan tersebut menyatakan bahwa telur adalah najis karena keluar dari dubur ayam sehingga bercampur dengan kotoran ayam yang najis, barang yang kena najis adalah najis pula maka wajib membasuh telur sebelum digunakan. Aku ingin berusaha menjawab pertanyaan tersebut secara fikih dengan menyebutkan dalil-dalil semampunya. Menurut imam Nawawi dalam Kitabnya Al Majmu' Sebagai berikut: ( فرع) البيض من مأكول اللحم طاهر بالاجماع ومن غيره فيه وجهان كمنيه الاصح الطهارة (Cabang) Telur dari binatang yang dimakan dagingnya adalah suci secara ijmak. Adapun telur yang keluar dari binatang yang tidak dimakan dagingnya ada dua pendapat sebagaimana khilaf dalam maninya, yang paling shahih adalah suci. Keterangan: Jadi telur binatang yang halal dimakan seperti ayam, bebek, angsa, burung dsb adalah suci dan tidak najis. Berbeda dengan t

Terjemah kitab Fathul Wahhab karya Abu Zakaria Al Anshori

 Kitab Ath Thaharah (Bersuci) Kitab secara bahasa adalah menggabungkan dan mengumpulkan, secara istilah adalah nama dari  berbagai kumpulan khusus dari ilmu yang terdiri dari beberapa bab dan pasal biasanya. Thaharah secara bahasa adalah النظافة والخلوص من الادناس  Bersih dan terbebas dari kotoran-kotoran. adapun menurut Syariat thaharah adalah رفع حدث او ازالة نجس او ما في معناهما وعلى صورتهما "Mengangkat hadats atau menghilangkan najis atau sesuai makna keduanya atau sesuai gambarannya seperti tayammum dan mandi-mandi sunnah, tajdidul wudlu (memperbarui wudlu) dan basuhan kedua dan ketiga, semuanya termasuk macam-macam bersuci. (Bersambung)

VATIKANPUN AKAN MENJADI MILIK UMAT ISLAM

oleh: Kholil Misbach, Lc Romawi pada masa terdahulu merupakan negara adidaya yang sangat kuat dan kaya, saking besarnya kekuatan Romawi ini sampai ada surat yang menceritakan kisahnya yaitu surat Ar Rum yang berarti bangsa Romawi, walaupun besar, kuat dan adidaya karena tidak beriman kepada Allah dan rasul-Nya Muhammad saw maka negeri inipun akan hancur dan ditaklukkan oleh kaum muslimin. semoga Allah menjadikan kita sebagai penakluknya.  Sebuah berita bahagia bagi kaum muslimin bahwa vatikanpun kelak akan menjadi milik kaum muslimin, dalam sebuah riwayat:  Beliau bersabda “Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.”  [H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335]. Dari Abu Qubail berkata: Saat kita sedang bersama Abdullah bin Amr bin al-Ash, dia ditanya: Kota manakah yang akan dibuka terlebih dahulu ; Konstantinopel atau Rumiyah?  Abdullah mem