Skip to main content

Maksimal menggunakan Waktu





Waktu adalah harta paling mahal bagi manusia, kalau sudah habis waktunya kita tidak dapat menambah jatah waktu kita.
Untuk itulah para sahabat dulu sangat serius dalam memanfaatkan waktunya. Lihatlah Umar bin Khattab sang Amirul Mukminin yang jarang tidur di waktu siang maupun malam..beliau menjawab alasannya:

ان نمت الليل لاضيعن نفسي وان نمت النهار لاضيعن الرعية
Artinya: Jika aku tidur malam maka aku telah menyia-nyiakan diriku, dan jikalau aku tidur di waktu siang maka aku telah menyia-nyiakan rakyat.

Sebegitu sahabat Nabi saw, begitu juga Abu Bakar Ash Shiddiq. Suatu saat baginda Rasulullah bertanya: Siapakah yang puasa hari ini, aku jawab Abu Bakar, siapa yang menjenguk orang sakit? Aku jawab Abu Bakar, dan siapa yang bersedekah hari ini?aku jawab Abu Bakar.
Di waktu pagi saja, Abu Bakar sudah mengamalkan tiga amal kebajikan sebanyak itu.
Itulah ciri-ciri hamba-hamba Allah yang selain pemaaf mereka juga beribadah di waktu malamnya.
Allah SWT berfirman:

والذين يبيتون لربهم سجدا وقياما
Artinya: dan mereka di waktu malam bersujud dan berdiri untuk tuhan mereka."
Imam Ibnu Katsir menafsirkan ayat ini dengan mereka sujud dan berdiri dalam ketaatan dan ibadah kepada Allah.
Bagaimana dengan kita? Ya kita masih jauh daripada mereka, tapi minimal kita menirunya, kalau tidak bisa jadi unta ya jadi kambing.

Gunakan lima perkara sebelum datang lima perkara

Baginda Nabi saw bersabda yang diriwayatkan Ibnu Abbas:
" gunakan lima perkara sebelum datang lima perkara, masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kayamu sebelum masa fakirmu, masa kosongmu sebelum masa sibukmu, dan masa hidupmu sebelum masa matimu. ( HR. Al Hakim dlam kitabnya Al Mustadrak hadits 4/306)

A. Gunakan masa mudamu sebelum masa tuamu, hal ini karena masih muda lebih kuat, lebih semangat dan lebih gesit.
Kalau orang tua bisa mengerjakan 10 kebaikan maka seorang pemuda bisa mengerjakan 1000 kebaikan karena kekuatannya.
Seorang pemuda sangat kuat untuk berjihad di jalan Allah, sangat kuat untuk mencari rizki yang kalau dilakukan orang-orang yang sudah berumur tentu akan berat.
Orang yang menggunakan masa mudanya dalam sia-sia maka ia akan menyesal di masa tuanya. Bahkan masa muda kita akan dimintai pertanggung-jawaban oleh Allah SWT.

B. Pergunakan sehatmu sebelum masa sakitmu.

Sebagaimana pemuda, begitu juga orang sehat, masa sehat merupakan masa yang kuat juga. Kalau kita sakit maka banyak amal kebaikan yang tidak bisa kita kerjakan seperti haji dan berjihat di jalan Allah.
Nikmat sehat juga tidak bisa diukur denfan uang, contoh ada orang yang sakit jantung berobatnya bisa milyaran rupiah, sedangkan orang-orang yang sehat malah melupakan Allah SWT.

C. Pergunakan kayamu sebelum masa miskinmu.
Hadits ini menunjukkan kita agar selalubmenggunakan harta kita dengan benar dan baik. Bertambahnya kita harya harus diiringi dengan bertambah pula kebaikan dan kebajikan kita.

Alangkah ruginya kita kalau kita malah diperbudak oleh harta dunia, kita cari dengan menghalalkan segala cara dan kita belanjakkan seenaknya perut kita sendiri.

D. Pergunakan waktu luangmu sebelum masa sibukmu.
Masa luang adalah masa yang longgar, gunakanlah guna menambah ketaatan kepada Allah SWT.
Kalau kita sudah sibuk maka tidak sempat lagi melakukan kebaikan.
Masa longgar kita itu banyak, contoh naok sepeda motor alangkah baiknya kalau kita baca tasbih, tahmid, dan kalimat-kalimat thayyibah lainnya.

E. Gunakan waktu hidupmu sebelum matimu.
Hidup kita hanya sekali, cepat berlalu, tidak bisa kembali tapi jadi penentu kita akan bahagia selamanya ataukan sengsara sepanjang masa.
Semoga kita cepet sadar dan kembali beribadah kepadaNya. ...amin.
Wallahu A'lam

Comments

  1. Betul..waktu bagaikan pedang, kalau kita tidak bisa menggunakannya maka ia akan menebas diri kita...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga kita bisa menggunakan sisa umur ini dengan amal terbaik kita

      Delete
  2. Memang waktu adalah hidup kita, semakin kita menyia-nyiakan waktu maka semakin kita menyia-nyiakan hidup kita..dan ia bagaikan membunuh dirinya pelan-pelan tanpa ia sadari..jadi memang mau tidak mau, suka tidak suka memanfaatkan waktu sebaik mungkin adalah sebuah kewajiban dan bukan slogan belaka.

    ReplyDelete
  3. Di zaman sekarang itu yg dilawan bukanlah para penjajah namun dirinya sendiri (hawa nafsu) oleh karna itu kita harus bisa memotivasi, meyakinkan dan mengajak para pemuda kepada hal² yg positif, seperti: majelis sholawat, majelis pengajian, majelis musyawarah dan lain-lain.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan Komentar Yg Positif

Popular posts from this blog

APAKAH TELUR NAJIS

Apakah Telur Najis oleh: Kholil Misbach, Lc Ada pertanyaan dari kawan tentang kenajisan telur hal itu dari artikel yang ia baca dalam sebuah postingan blog, dalam postingan tersebut menyatakan bahwa telur adalah najis karena keluar dari dubur ayam sehingga bercampur dengan kotoran ayam yang najis, barang yang kena najis adalah najis pula maka wajib membasuh telur sebelum digunakan. Aku ingin berusaha menjawab pertanyaan tersebut secara fikih dengan menyebutkan dalil-dalil semampunya. Menurut imam Nawawi dalam Kitabnya Al Majmu' Sebagai berikut: ( فرع) البيض من مأكول اللحم طاهر بالاجماع ومن غيره فيه وجهان كمنيه الاصح الطهارة (Cabang) Telur dari binatang yang dimakan dagingnya adalah suci secara ijmak. Adapun telur yang keluar dari binatang yang tidak dimakan dagingnya ada dua pendapat sebagaimana khilaf dalam maninya, yang paling shahih adalah suci. Keterangan: Jadi telur binatang yang halal dimakan seperti ayam, bebek, angsa, burung dsb adalah suci dan tidak najis. Berbeda dengan t

Terjemah kitab Fathul Wahhab karya Abu Zakaria Al Anshori

 Kitab Ath Thaharah (Bersuci) Kitab secara bahasa adalah menggabungkan dan mengumpulkan, secara istilah adalah nama dari  berbagai kumpulan khusus dari ilmu yang terdiri dari beberapa bab dan pasal biasanya. Thaharah secara bahasa adalah النظافة والخلوص من الادناس  Bersih dan terbebas dari kotoran-kotoran. adapun menurut Syariat thaharah adalah رفع حدث او ازالة نجس او ما في معناهما وعلى صورتهما "Mengangkat hadats atau menghilangkan najis atau sesuai makna keduanya atau sesuai gambarannya seperti tayammum dan mandi-mandi sunnah, tajdidul wudlu (memperbarui wudlu) dan basuhan kedua dan ketiga, semuanya termasuk macam-macam bersuci. (Bersambung)

VATIKANPUN AKAN MENJADI MILIK UMAT ISLAM

oleh: Kholil Misbach, Lc Romawi pada masa terdahulu merupakan negara adidaya yang sangat kuat dan kaya, saking besarnya kekuatan Romawi ini sampai ada surat yang menceritakan kisahnya yaitu surat Ar Rum yang berarti bangsa Romawi, walaupun besar, kuat dan adidaya karena tidak beriman kepada Allah dan rasul-Nya Muhammad saw maka negeri inipun akan hancur dan ditaklukkan oleh kaum muslimin. semoga Allah menjadikan kita sebagai penakluknya.  Sebuah berita bahagia bagi kaum muslimin bahwa vatikanpun kelak akan menjadi milik kaum muslimin, dalam sebuah riwayat:  Beliau bersabda “Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.”  [H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335]. Dari Abu Qubail berkata: Saat kita sedang bersama Abdullah bin Amr bin al-Ash, dia ditanya: Kota manakah yang akan dibuka terlebih dahulu ; Konstantinopel atau Rumiyah?  Abdullah mem