Skip to main content

Golongan-golongan yang tidak akan diBinasakan Allah SWT

oleh: Kholil Misbach Lc

Semua orang pasti ingin bahagia dan selamat di dunia dan di akhirat..berikut golongan-golongan yang tidak akan dibinasakan oleh Allah SWT.

1. Kaum yang ada Rasulullah saw di dalamnya.
Allah SWT berfirman:
وما كان الله ليعذبهم وانت فيهم
Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka sedang kamu berada pada mereka. ( qs. Al Anfal:33)

Ayat ini turun setelah Abu Jahal berdoa menantang:  اللهم ان كان هذا هو الحق من عندك فامطر علينا حجارة من السماء او ئتنابعذاب أليم
Ya Allah jika agama ini benar dari Mu maka turunkan kami batu dari langit atau datangkan siksa yg pedih..lalu turunlah ayat ini.
قال ابن عباس: لم يعذب اهل قرية حتى يخرج النبي منها والمؤمنون.
Dalam tafsir Al Qurthubi..Ibnu Abbas mengatan:"Penduduk negri tdk akan disiksa  sampai nabi dan kaum mukminin keluar darinya.

Kalau sekarang ini, kehadiran nabi saw bisa kita ganti dengan banyak bersholawat dan meneladani kepribadian nabi saw.

2. Kaum yang beristighfar meminta Ampun kepada Allah SWT.
Allah SWT berfirman:

وما كان الله معذبهم وهم يستغفرون  )الانفال ٣٣(

Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun

3, Orang-orang Mushlih (memperbaiki diri dan org lain)
Allah SWT berfirman:
وما كان ربك ليهلك القرى بظلم واهلها مصلحون

Dan Tuhanmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, sedang penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan. (Qs. Hud:117)

Mushlih berbeda dengan shaleh, shaleh akan selamat di akhirat sedang muslih akan selamat di dunia dan akhirat.

Kanjeng nabi saw pernah ditanya apakah kami dibinasakan padahal di tengah2 kami orang2 sholeh? Beliau menjawab iya jika sudah banyak dosa اذا كثر الخبث 

4. Tidak fasik yaitu tidak melakukan kemaksiatan2 kpd Allah.

 ۚ فَهَلْ يُهْلَكُ إِلَّا الْقَوْمُ الْفَاسِقُونَ
"Dan tidaklah dibinasakan kecuali kaum yang fasik (Qs. Al Ahqof:35)

5. Tidak kaum yang dlolim.
Dlolim adalah perbuatan aniaya kepada diri, org lain dan kepada Allah SWT. kaum2 yg dlolimlah yang sudah dibinasakan Allah SWT.
 وَمَا كُنَّا مُهْلِكِي الْقُرَىٰ إِلَّا وَأَهْلُهَا ظَالِمُونArtinya: Dan tidaklah kami membinasakan sebuah negeri kecuali penduduknya orang2 yang dlolim.

Saudaraku! Hidup di dunia hanya sementara sedang hidup di akhirat nanti adalah abadi, alangkah beruntungnya org yang selamat di akhirat dengan tidak melupakan bagiannya di dunia..semoga kita semua dikumpulkan di surganya Allah Swt.

Comments

Popular posts from this blog

APAKAH TELUR NAJIS

Apakah Telur Najis oleh: Kholil Misbach, Lc Ada pertanyaan dari kawan tentang kenajisan telur hal itu dari artikel yang ia baca dalam sebuah postingan blog, dalam postingan tersebut menyatakan bahwa telur adalah najis karena keluar dari dubur ayam sehingga bercampur dengan kotoran ayam yang najis, barang yang kena najis adalah najis pula maka wajib membasuh telur sebelum digunakan. Aku ingin berusaha menjawab pertanyaan tersebut secara fikih dengan menyebutkan dalil-dalil semampunya. Menurut imam Nawawi dalam Kitabnya Al Majmu' Sebagai berikut: ( فرع) البيض من مأكول اللحم طاهر بالاجماع ومن غيره فيه وجهان كمنيه الاصح الطهارة (Cabang) Telur dari binatang yang dimakan dagingnya adalah suci secara ijmak. Adapun telur yang keluar dari binatang yang tidak dimakan dagingnya ada dua pendapat sebagaimana khilaf dalam maninya, yang paling shahih adalah suci. Keterangan: Jadi telur binatang yang halal dimakan seperti ayam, bebek, angsa, burung dsb adalah suci dan tidak najis. Berbeda dengan t

Terjemah kitab Fathul Wahhab karya Abu Zakaria Al Anshori

 Kitab Ath Thaharah (Bersuci) Kitab secara bahasa adalah menggabungkan dan mengumpulkan, secara istilah adalah nama dari  berbagai kumpulan khusus dari ilmu yang terdiri dari beberapa bab dan pasal biasanya. Thaharah secara bahasa adalah النظافة والخلوص من الادناس  Bersih dan terbebas dari kotoran-kotoran. adapun menurut Syariat thaharah adalah رفع حدث او ازالة نجس او ما في معناهما وعلى صورتهما "Mengangkat hadats atau menghilangkan najis atau sesuai makna keduanya atau sesuai gambarannya seperti tayammum dan mandi-mandi sunnah, tajdidul wudlu (memperbarui wudlu) dan basuhan kedua dan ketiga, semuanya termasuk macam-macam bersuci. (Bersambung)

VATIKANPUN AKAN MENJADI MILIK UMAT ISLAM

oleh: Kholil Misbach, Lc Romawi pada masa terdahulu merupakan negara adidaya yang sangat kuat dan kaya, saking besarnya kekuatan Romawi ini sampai ada surat yang menceritakan kisahnya yaitu surat Ar Rum yang berarti bangsa Romawi, walaupun besar, kuat dan adidaya karena tidak beriman kepada Allah dan rasul-Nya Muhammad saw maka negeri inipun akan hancur dan ditaklukkan oleh kaum muslimin. semoga Allah menjadikan kita sebagai penakluknya.  Sebuah berita bahagia bagi kaum muslimin bahwa vatikanpun kelak akan menjadi milik kaum muslimin, dalam sebuah riwayat:  Beliau bersabda “Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.”  [H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335]. Dari Abu Qubail berkata: Saat kita sedang bersama Abdullah bin Amr bin al-Ash, dia ditanya: Kota manakah yang akan dibuka terlebih dahulu ; Konstantinopel atau Rumiyah?  Abdullah mem