Skip to main content

Pemimpin Visioner

Di dunia tiada pemimpin yang patut di tiru dan dijadikan panutan seperti baginda Nabi saw. Semua ucapan, perbuatan bahkan sikap beliau adalah rahmat, anugerah dan mutiara tauladan bagi umatnya.
Begitu juga dengan pandangan ke depan baginda Nabi saw. Beliau dalam hadits beliau mengatakan bahwa Islam agatakan bahwa nanti Persia dan Romawi akan ditaklukkan, hal itu beliau sampaikan saat umat Islam di kepung oleh pasukan sekutu. Saat beliau memukul batu besar membuat parit (khandaq) beliau menyatakan hal tersebut.

Hal inilah yang membuat orang-orang munafik menyatakan bahwa apa yang di bawa baginda Nabi saw adalah omonf kosong dan tipuan.
Adapun orang-orang mukmin saat melihat pasukan sekutu mereka malah ngatakan bahwa inilah yang dijanjikan Allah dan Rasulnya, dan tidaklah bertambah bagi mereka kecuali keimaanan dan kepasrahan.

Kalau mau melihat pemimpin visione lagi maka lihatlah seorang Mujahid Shalahuddin Al Ayyubi, ia tidak pernah tertawa dan tersenyum setelah ditanya hal tersebut ia menjawab: " bagaimana aku bisa tersenyum sedangkan kota Jerusalim masih dikuasai kaum Salibis"
Shalahudin inilah yang nantinya bisa merebut kembali kota Jerusalem yang telah dikuasai tentara Salib selama 83 tahun.
Inilah contoh pemimpin visioner yang mempersiapkan masa depan dengan baik, berani menatap kedepan dengan persiapan yang matang. Alangkah butuhnya umat Islam tokoh semisal Shalahuddin ini.

Di era modern saya juga melihat seorang tokoh negara Singapura yaitu Perdana Menteri Lee Kwan Yew sejak tahun 1959 hingga mundur pada tahun1990. Singapura pernah bergabung ke Malaysia tahun 1963 akan tetapi singapura dikeluarkan secara sepihak oleh Malaysia pada tahun 1965. Lee dengan People Action Party nya dengan keaadaan yang masih belum tentu arah ia mengatakan bahwa standar penduduk Singapura harus sepeerti standar penduduk negara Swiss yang makmur. Caranya ya harus dengan kerja keras, berkomitmen dan jujur serta bersih dalam pemerintahan. Walaupun ia tegas dengan memberlakuaan sedikit partai dan banyak memenjarakan orang yang tidak dianggap mengganggu Singapura. Semua itu ia lakukan untuk Singapura.

Kita juga pernah membaca salah seorang gubernur di Jepang yang menjabat lima kali, yaitu gubernur prefektur Oita sejak tahun 1979 hingga tahun 2002, ia bernama Morihiko Hiramatsu.
Ia mencetuskan gerakan OVOP (one Village one Product) yaitu satu desa satu produk. Dia menjanjikan warganya untuk menjualkan produknya dan menjanjikan tiap tahun warganya ke luar negeri. Ia mewajibkan warganya agar memberikan nilai tambah pada produksinya.

Mereka itulah pemimpin visioner yang sangat perlu kita hadirkan ke negara kita, bukan orangnya tapi jiwa semangatnya untuk membangun negerinya.

Menurut saya Presiden kita Bapak Jokowi juga termasuk pemimpin visioner banyak terobosan yang beliau ambil seperti membangun trans PaPua, Trans Sumatera, Trans Kalimantan dsb, begitu juga tol laut, dan pembangunan insfrastruktur yang sebagian orang mustahil dikerjakan olehnya.

semoga para pemimpin visioner ini diperbanyak di indonesia, sehingga tercipta negeri baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur. amin


Comments

Popular posts from this blog

APAKAH TELUR NAJIS

Apakah Telur Najis oleh: Kholil Misbach, Lc Ada pertanyaan dari kawan tentang kenajisan telur hal itu dari artikel yang ia baca dalam sebuah postingan blog, dalam postingan tersebut menyatakan bahwa telur adalah najis karena keluar dari dubur ayam sehingga bercampur dengan kotoran ayam yang najis, barang yang kena najis adalah najis pula maka wajib membasuh telur sebelum digunakan. Aku ingin berusaha menjawab pertanyaan tersebut secara fikih dengan menyebutkan dalil-dalil semampunya. Menurut imam Nawawi dalam Kitabnya Al Majmu' Sebagai berikut: ( فرع) البيض من مأكول اللحم طاهر بالاجماع ومن غيره فيه وجهان كمنيه الاصح الطهارة (Cabang) Telur dari binatang yang dimakan dagingnya adalah suci secara ijmak. Adapun telur yang keluar dari binatang yang tidak dimakan dagingnya ada dua pendapat sebagaimana khilaf dalam maninya, yang paling shahih adalah suci. Keterangan: Jadi telur binatang yang halal dimakan seperti ayam, bebek, angsa, burung dsb adalah suci dan tidak najis. Berbeda dengan t

Terjemah kitab Fathul Wahhab karya Abu Zakaria Al Anshori

 Kitab Ath Thaharah (Bersuci) Kitab secara bahasa adalah menggabungkan dan mengumpulkan, secara istilah adalah nama dari  berbagai kumpulan khusus dari ilmu yang terdiri dari beberapa bab dan pasal biasanya. Thaharah secara bahasa adalah النظافة والخلوص من الادناس  Bersih dan terbebas dari kotoran-kotoran. adapun menurut Syariat thaharah adalah رفع حدث او ازالة نجس او ما في معناهما وعلى صورتهما "Mengangkat hadats atau menghilangkan najis atau sesuai makna keduanya atau sesuai gambarannya seperti tayammum dan mandi-mandi sunnah, tajdidul wudlu (memperbarui wudlu) dan basuhan kedua dan ketiga, semuanya termasuk macam-macam bersuci. (Bersambung)

VATIKANPUN AKAN MENJADI MILIK UMAT ISLAM

oleh: Kholil Misbach, Lc Romawi pada masa terdahulu merupakan negara adidaya yang sangat kuat dan kaya, saking besarnya kekuatan Romawi ini sampai ada surat yang menceritakan kisahnya yaitu surat Ar Rum yang berarti bangsa Romawi, walaupun besar, kuat dan adidaya karena tidak beriman kepada Allah dan rasul-Nya Muhammad saw maka negeri inipun akan hancur dan ditaklukkan oleh kaum muslimin. semoga Allah menjadikan kita sebagai penakluknya.  Sebuah berita bahagia bagi kaum muslimin bahwa vatikanpun kelak akan menjadi milik kaum muslimin, dalam sebuah riwayat:  Beliau bersabda “Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.”  [H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335]. Dari Abu Qubail berkata: Saat kita sedang bersama Abdullah bin Amr bin al-Ash, dia ditanya: Kota manakah yang akan dibuka terlebih dahulu ; Konstantinopel atau Rumiyah?  Abdullah mem