Skip to main content

Mendidik anak agar selalu semangat

Oleh: Kholil Misbach, lc
Anak merupakan anugrah dari Allah Swt yang sangat besar..untuk itulah orang tua wajib mensyukurinya dengan mendidiknya secara baik..pendidikan yang paling baik adalah keteladanan.
Sungguh benar kalau Alquran menyebut baginda Nabi saw sebagai uswah hasanah atau panutan yang baik.
Untuk itulah seorang guru atau ustad jangan hanya memberi tahu ini dan itu..akan tetapi berilah contoh yang baik.
Kalau ada guru jarang masuk..ato masuk sebentar lalu ngasih tugas kerjaannya maka ia tidak mendidik untuk semangat anak didiknya.
Ada guru juga membentak muridnya dgn kata2 keras dan kotor maka muridnyapun akan meniru.
Contoh pendidikan orang tua kepada anaknya ini sudah dijelaskan oleh ALlah SWT dalam kitab Sucinya Al Qur`anul Karim yaitu nasehat Lukman Al Hakim kepada putranya.
secara ringkas pendidikan lukman kepada anaknya meliputi beberapa hal:
Pertama; Pendidikan agama, berupa tauhid mengesakan Allah dan tidak menyekutukan-Nya.
Lukman berkata:" Wahai Anakku janganlah kamu menyekutukan Allah"
sehebat apapun sang anak, secerdas apapun sang anak, sekaya apapun sang anak jika ia tidak beragama Islam maka tidak ada manfaat-Nya, ia tidak bisa mendoakan ayahnya. untuk itulah nasehat pertama Lukman Al Hakim kepada anaknya yang pertama adalah nasehat agar tidak menyekutukan ALlah, agar tidak menyembah selain Allah, dan masuk dalam agama Islam secara Kaffah.

Kedua; Berbuat baik kepada kedua orang tua, orang yang paling dekat dengan kita adalah kedua orang tua kita, beliaulah yang paling berjasa pada kita, sejak dalam kandungan, anak-anak, dan dewasa. mereka merawat kita dengan kasih sayang dan tetesan keringat dan air mata dengan ikhlas tanpa minta balas jasa
akan tetapi banyak sekali setelah dewasa anak melupakannya, seakan-akan kekayaan pada dirinya, kepandaian pada dirinya datang tiba-tiba, hingga ia melupakan jasa kedua orang tuannya.
untuk itulah sungguh tepat sekali kalau Allah menyuruh berbakti kepada orang tua setelah menyuruh menyembah ALlah, karena jasa dan pengorbanan mereka.

bagaimana jikalau kedua orang tua kita tidak seagama? Allah SWT masih memerintahkan untuk taat kepada mereka di dunia tanpa harus ikut agama mereka, dengan demikian hak-hak mereka sebagai orang tua tidak pernah kita lecehkan ataupun kita kurangi sedikitpun.

ketiga; amanah walaupun dalam hal terkecil
keempat; mendirikan shalat
kelima; amar makruf dan nahi mungkar
keenam; sabar
ketujuh; tawadluk dan tidak sombong
 
Memang kalau hanya mencari orang pandai itu banyak akan tetapi mencari tokoh panutan, tokoh yg sangat bermanfaat bagi agama dan sesama itu sangat-sangat jarang.semoga kita salah satu dari mereka.

amin

Comments

Popular posts from this blog

APAKAH TELUR NAJIS

Apakah Telur Najis oleh: Kholil Misbach, Lc Ada pertanyaan dari kawan tentang kenajisan telur hal itu dari artikel yang ia baca dalam sebuah postingan blog, dalam postingan tersebut menyatakan bahwa telur adalah najis karena keluar dari dubur ayam sehingga bercampur dengan kotoran ayam yang najis, barang yang kena najis adalah najis pula maka wajib membasuh telur sebelum digunakan. Aku ingin berusaha menjawab pertanyaan tersebut secara fikih dengan menyebutkan dalil-dalil semampunya. Menurut imam Nawawi dalam Kitabnya Al Majmu' Sebagai berikut: ( فرع) البيض من مأكول اللحم طاهر بالاجماع ومن غيره فيه وجهان كمنيه الاصح الطهارة (Cabang) Telur dari binatang yang dimakan dagingnya adalah suci secara ijmak. Adapun telur yang keluar dari binatang yang tidak dimakan dagingnya ada dua pendapat sebagaimana khilaf dalam maninya, yang paling shahih adalah suci. Keterangan: Jadi telur binatang yang halal dimakan seperti ayam, bebek, angsa, burung dsb adalah suci dan tidak najis. Berbeda dengan t

Terjemah kitab Fathul Wahhab karya Abu Zakaria Al Anshori

 Kitab Ath Thaharah (Bersuci) Kitab secara bahasa adalah menggabungkan dan mengumpulkan, secara istilah adalah nama dari  berbagai kumpulan khusus dari ilmu yang terdiri dari beberapa bab dan pasal biasanya. Thaharah secara bahasa adalah النظافة والخلوص من الادناس  Bersih dan terbebas dari kotoran-kotoran. adapun menurut Syariat thaharah adalah رفع حدث او ازالة نجس او ما في معناهما وعلى صورتهما "Mengangkat hadats atau menghilangkan najis atau sesuai makna keduanya atau sesuai gambarannya seperti tayammum dan mandi-mandi sunnah, tajdidul wudlu (memperbarui wudlu) dan basuhan kedua dan ketiga, semuanya termasuk macam-macam bersuci. (Bersambung)

VATIKANPUN AKAN MENJADI MILIK UMAT ISLAM

oleh: Kholil Misbach, Lc Romawi pada masa terdahulu merupakan negara adidaya yang sangat kuat dan kaya, saking besarnya kekuatan Romawi ini sampai ada surat yang menceritakan kisahnya yaitu surat Ar Rum yang berarti bangsa Romawi, walaupun besar, kuat dan adidaya karena tidak beriman kepada Allah dan rasul-Nya Muhammad saw maka negeri inipun akan hancur dan ditaklukkan oleh kaum muslimin. semoga Allah menjadikan kita sebagai penakluknya.  Sebuah berita bahagia bagi kaum muslimin bahwa vatikanpun kelak akan menjadi milik kaum muslimin, dalam sebuah riwayat:  Beliau bersabda “Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.”  [H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335]. Dari Abu Qubail berkata: Saat kita sedang bersama Abdullah bin Amr bin al-Ash, dia ditanya: Kota manakah yang akan dibuka terlebih dahulu ; Konstantinopel atau Rumiyah?  Abdullah mem