Oleh : Kholil
Sebagai bangsa yang besar, indonesia twntu banyak masalah yang perlu diselesaikan. Salah satu masalah yang itu adalah masalah ekonomi kita yang belum seperti negara-negara maju.
Ekspor kita tidak bisa seperti china yang produknya seakan menjamur di hampir seluruh penjuru dunia.
Saya pernah di negara Arab, hampir barang-barang yang ada disana merupakan barang impor seperti mobil hingga jarum, tapi anehnya hanya sedikit barang-barang tersebut yang produksi Indonesia.
Indonesia punya banyak keunggulan produk ekspor seperti karet, sawit, kakau, emas, kopi, furnitur, dan tekstil.
Selain itu Indonesia memiliki potensi priduk organik yang cukup besar untuk bersaing di pasar internasional selain Amerika Serikat.
Potensi ini harus didukung dengan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan para pelaku usaha dapat menggenjot ekspor produk organik ini ke manca negara.
Produk organik yang mempunyai potensi besar ini antara lain beras, kopi, coklat, mete, gula aren kelapa, minyak kelapa, udang, teh dan vanila.
Di sisi lain Amerika serikat dan uni eropa kian protektif terhadap barang dagangannya, untuk itu indonesia jangan terlalu fokus pada negara-negara yang sudah ada FTA (free trade agreement) maupun dengan negara lain yang belum ada FTA. Hubungan dagang dengan negara Asean bisa diperkuat, demikian juga dengan mencari pasar baru di negara-negara Afrika, dengan demikian neraca perdagangan kita akan semakin surplus. Wallahu A'lam
Sebagai bangsa yang besar, indonesia twntu banyak masalah yang perlu diselesaikan. Salah satu masalah yang itu adalah masalah ekonomi kita yang belum seperti negara-negara maju.
Ekspor kita tidak bisa seperti china yang produknya seakan menjamur di hampir seluruh penjuru dunia.
Saya pernah di negara Arab, hampir barang-barang yang ada disana merupakan barang impor seperti mobil hingga jarum, tapi anehnya hanya sedikit barang-barang tersebut yang produksi Indonesia.
Indonesia punya banyak keunggulan produk ekspor seperti karet, sawit, kakau, emas, kopi, furnitur, dan tekstil.
Selain itu Indonesia memiliki potensi priduk organik yang cukup besar untuk bersaing di pasar internasional selain Amerika Serikat.
Potensi ini harus didukung dengan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan para pelaku usaha dapat menggenjot ekspor produk organik ini ke manca negara.
Produk organik yang mempunyai potensi besar ini antara lain beras, kopi, coklat, mete, gula aren kelapa, minyak kelapa, udang, teh dan vanila.
Di sisi lain Amerika serikat dan uni eropa kian protektif terhadap barang dagangannya, untuk itu indonesia jangan terlalu fokus pada negara-negara yang sudah ada FTA (free trade agreement) maupun dengan negara lain yang belum ada FTA. Hubungan dagang dengan negara Asean bisa diperkuat, demikian juga dengan mencari pasar baru di negara-negara Afrika, dengan demikian neraca perdagangan kita akan semakin surplus. Wallahu A'lam
Comments
Post a Comment
Silahkan Komentar Yg Positif